Pijat Refleksi Bayi : Pijatan Merangsang Untuk Tidur


Perlakuan spesial memijat kepada anak-anak adalah teknik yang dipraktekkan selama berabad-abad yang sangat berguna untuk kesehatan. Di antara manfaat pijatan lembut yaitu akan memberikan sensasi relaksasi dan  bersantai untuk bayi anda. Pijat yang teratur juga akan menghilangkan stres serta meregangkan tubuh si kecil. 
Anda dapat memanfaatkan pengetahuan tradisional yang digabungkan dengan tips profesional ini agar anda dapat mengambil hasil maksimal dari pijat kepada bayi anda.

Pijat membantu bayi tidur lebih nyenyak
Aktivitas sepanjang hari tentu saja akan menghabiskan energi bayi. Nah bunda dapat menghapus akumulasi ketegangan di siang hari itu dengan memberikan pijatan di malam hari, hasilnya pijat membantu bayi tidur lebih baik. Lain halnya pada bulan pertama seorang anak, ia akan menghabiskan banyak waktu berbaring di tempat tidur dan tidak bisa bergerak banyak. Hal ini yang sering membuat dia frustrasi dan kadang-kadang sedikit tidak nyaman.  Banyak orang tua yang tidak mengetahui kalau ini menjadi penyebab menangis pada malam hari. Nah pijat lembut dengan cahaya yang redup di kamar akan membuat bayi tidur lebih baik. Praktekkan secara rutin , anda dapat berlatih setelah mandi atau sebelum tidur, apalagi setelah makan untuk mencegah refluks.

Saat relaksasi yang paling baik
Agar pijat dapat memberikan semua manfaatnya, ia harus menjadi momen berharga sebagai relaksasi.  Anda harus merencanakan waktu yang tepat dan memfokuskan diri sampai 100%.  Janganlah anda menonton tv sambil memijat sang buah hati, atau tidak menelpon pada waktu yang sama. Karena bukan hanya memecah konsentrasi si kecil, hal tersebut dapat membahayakan tubuh  mungilnya dengan kemungkinan anda salah urut. Jadi konsentrasilah dan berfokus penuh saat memijat.
Ruangan harus juga mendukung suasana. Usahakan bahwa bayi tidak akan kedinginan dan menyediakan cahaya yang cukup tetapi tidak langsung (iluminasi yang agak redup).  Untuk melengkapi tehnik pijat ini agar lebih santai, anda dapat mendengarkan musik yang lembut jika anda menginginkan, atau sembari menyanyikan lagu ninabobo.

Menenangkan dan melindungi kulit bayi
Pijat tentu saja digunakan untuk menenangkan bayi tetapi juga sangat berguna untuk melindungi kulitnya.  Minyak yang anda gunakan untuk memijat anak anda harus bisa menghindari kekeringan dan iritasi.  Hendaklah harus dipilih dengan baik karena tidak semua minyak urut dan pijat cocok untuk bayi.  Kelembutan tangan anda di kulitnya, minyak urut yang halus wangi dan gerakan pijat anda, semua itu akan berkontribusi untuk menenangkan bayi dan membuatnya terlelap di malam hari dengan baik.

Gerakan terbaik untuk memijat bayi
Jika anak anda mengalami kolik atau cemas, pijat akan sangat membantu untuk si kecil merasa lebih baik. Gerakan untuk pijat bayi akan berbeda tergantung pada apa yang mengganggu dirinya.  Untuk memberikan cukup nyaman pada saat memijat, lepaslah cincin anda dan pergelangan tangan anda jangan kaku. Buatlah diri anda juga merasa nyaman.  Pijat bayi untuk setiap gerakan akan lebih efisien dan lebih mudah jika anda santai. Menggosok tangan dan kaki mereka dengan arah pijatan keluar dengan lembut akan memberikan bayi sensasi untuk bersantai.

Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs