Mengajak Anak Membuat Pancuran Air Pribadi

Kalau anda tidak sempat mengajak anak ke tempat hiburan pemandian alam atau water park, jangan berkecil hati. Bagaimana kalau kita berkreasi membuat taman air sendiri di pekarangan dengan biaya yang murah. Kita namakan kreasi ini adalah "Gerbang Air Istimewa".

Lewat permainan pancuran ini anak dapat bermain, berlari dan menikmati suasana basah bersama teman. Bahan yang digunakan hampir sepenuhnya adalah pipa PVC yang mudah didapatkan di toko bangunan. Selain murah, hasil kreasi ini bisa bertahan lama bahkan bisa di bongkar pasang jika sudah tidak dipergunakan lagi.

Seperti pada gambar, perakitan dan pengerjaan "Gerbang Air Istimewa" ini memerlukan bantuan dari ayah. Sebab dibutuhkan sedikit keahlian pertukangan. Bincanganak hanya memberikan ukuran standar untuk memotong pipa. Dengan melihat ukuran badan sang anak dan luas lahan yang tersedia, maka anda boleh berkreasi sendiri berapa panjang pipa yang dibutuhkan.

Bahan lain yang dibutuhkan adalah sambungan pipa PVC. Dari gambar dapat terlihat dibutuhkan sambungan siku sebanyak 7 buah, sambungan tiga sebanyak 12 buah dan sambungan empat sebanyak 3 buah. Serta penutup pipa dua buah. Untuk lengkungan gerbang dapat dipergunakan selang air yang dibengkokkan. Setelah dirakit, bocorlah pipa PVC sesuai keinginan, tetapi usahakan agar semprotan air ke arah dalam gerbang. Tujuannya agar area yang basah hanya ketika anak berada di dalam gerbang air.

Untuk penyambungan pipa boleh menggunakan selotip sambungan pipa. Itu jika pancuran air ini nantinya akan di bongkar-pasang. Kalau ingin dibuat permanent maka gunakanlah lem sambungan pipa. Nah selamat berkreasi.

Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs