Berat Badan Ibu Selama Masa Kehamilan

Kenaikan berat badan selama masa kehamilan adalah hal yang normal. Biasanya Berat badan ibu akan naik mencapai 12 kg. Namun, ini adalah rata-rata berdasarkan ukuran tubuh sebelum kehamilan. Olehnya, sebuah diet seimbang yang kaya akan serat (buah & sayuran), protein, pati dan air adalah faktor yang sangat penting untuk menghindari kenaikan berat badan terlalu banyak. Mempertimbangkan pemilihan makanan pada wanita hamil masih harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, tujuannya agar si ibu tetap sehat dan si calon bayi dapat memperoleh asupan yang baik.

Proses kenaikan berat badan ibu selama kehamilan.

Berat badan wanita hamil akan terjadi secara bertahap selama kehamilan: yaitu dari 4 sampai 5 kg pada semester pertama kehamilan. Pada paruh kedua kehamilan, akan naik sekitar 6 - 7 kg. kenaikan berat badan diperlukan karena itu juga bermanfaat buat bayi. Tetapi ada juga faktor yang harus diwaspadai,itu tergantung pada ibu apakah  memiliki masalah dengan kolesterol, gula dalam urin atau gestational diabetes, yang membutuhkan kewaspadaan medis meningkat. Konsultasilah kepada dokter tentang penyakit yang dapat mengakibatkan kenaikan berat badan.

Saat berat badan kembali normal.

Memang benar bahwa sulit untuk memantau berat badan ibu selama kehamilan: bahkan Banyak wanita yang mengalami kenaikan berat badan lebih dari rata-rata 12 kg. Tetapi semua itu akan teratasi ketika hari kelahiran sang bayi, pada saat ini seorang wanita akan kehilangan berat badan rata-rata 6-8 kg. Kemudian, selama 3 bulan setelah kelahiran, ibu muda akan kehilang lagi sekitar 5kg atau bahkan lebih. Ini bisa juga dikarenakan karena malam-malam yang terganggu akibat menyusui atau juga memberikan susu botol, serta tugas ibu yang banyak menguras tenaga.

Ibu yang baru melahirkan juga sering merasa lelah dan kurang tenaga akibat kurangnya asupan bergizi setelah melahirkan. Diperlukan bantuan keluarga untuk mengontrol makanan yang baik buat ibu hamil. Bagi ibu, dibutuhkan kesabaran hingga mencapai berat badan yang ideal seperti sebelum masa kehamilan serta harus disertai diet yang seimbang.

Tips: hendaknya ibu jangan membandingkan berat badan Anda dengan wanita lain misalkan ibu anda, saudara Anda, dan teman-teman Anda. Itu hanya akan membuat beban pikiran bagi ibu. Ingatlah bahwa setiap wanita itu berbeda: baik dari bentuk dan ukuran badan serta semua faktor yang berperan didalam tubuh. Belum lagi bentuk Bayi yang mungkin kecil atau besar. Kesemuanya itu saling berkaitan yang menyebabkan kenaikan berat orang lain belum tentu sama dengan kenaikan berat badan anda.


Artikel Bincang Anak Lainnya:

Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs