Saat Macet, Bermainlah Bersama Anak


Banyak sekali aktivitas yang orang tua lakukan bersama si buah hati jika berada di dalam mobil. Mengantar atau menjemput anak, ketika berlibur di puncak, Silaturrahmi ke rumah keluarga, memang paling asyik dilakukan sambil mengendarai mobil. Tapi tidak bisa dipungkiri bahwa hampir sebagian besar waktu  terbuang didalam mobil tanpa ada hasil. Yaitu ketika terjebak macet di jalanan. Bayangkan, sudah terjebak macet, suara klakson yang bising, Cuaca yang terik, dan lainnya tentu saja akan menambah tingkat stress bagi yang ada di dalam kendaraan. Banyak orang tua yang menghadapinya dengan mengomel dan mengoceh. Padahal sikap tersebut tidak baik diperlihatkan di depan anak. 

Nah bagaimana memanfaatkan situasi terjebak kemacetan sambil memberikan kecerian kepada si kecil? Akan lebih baik jika anda bermain dengan sang anak dengan cara kreatif sebagai berikut :

Bermain Tebakan Huruf dan Angka Plat Kendaraan
Jika anda terjebak macet, sedang dilampu merah atau sementara berhenti di pintu kereta api, sang bunda atau ayah boleh menyebutkan nomor plat mobil yang ada di depannya dan memancing anak untuk merangkai kombinasi plat tersebut menjadi kalimat yang lucu. Misalkan di depan ada kendaraan dengan plat B 460 NG langsung tanyakan “Wah ada bagong lagi merokok”  (sambil menunjuk mobil yang mengeluarkan asap knalpot) tentu saja sang anak akan penasaran dan segera ingin melihatnya. Atau "Berempat memukul Gong", "Bersama-sama  jam 4 lewat 60 menit naik ke gunung. Apa ada jam 4 lewat 60 menit ya anak-anak?" dan masih banyak hal kreatif yang bisa anda lakukan. Kalau plat kendaraan tidak terlihat, maka huruf dan stiker di belakang kendaraan bisa menjadi pilihan alternatif. Cara ini bisa membuat seisi mobil ceria sampai kendaraan bergerak kembali.

Menceritakan Berbagai Perbuatan Baik
Ketika melakukan rutinitas mengantar dan menjemput anak. Anda boleh memancing anak untuk menceritakan perbuatan-perbuatan baik yang harus atau telah mereka lakukan selama berada disekolah. Anda pun boleh menunjukkan contoh perbuatan baik yang harus dilakukan dan menyuruh anak untuk melaksanakannya di sekolah. Nah ketika menjemputnya saat pulang sekolah, mintalah sang buah hati untuk menceritakan apa yang dilakukannya tadi atau bagaimana dia melakukan perbuatan baik tersebut. Misalnya: "Hari ini adik harus menyapa gu guru dengan senyuman serta memberikan senyuman ke 10 orang teman. Kalau pulang nanti adik ceritakan bagaimana reaksi mereka ya" Rutinitas ini akan membuat si kecil selalu bersemangat setiap kesekolah.

Belajar Menjadi Detektif Cilik
Bunda dan ayah boleh bermain detektif cilik jika berada didalam kendaraan. Ini akan melatih ketelitian anak dan fokus terhadap lingkungan sekitarnya. Misalkan saat terjebak macet, sang bunda menanyakan "Hayo siapa yang dapat melihat mobil warna merah ada di sebelah mana?" tentu saja si kecil akan mencari objek tersebut. Pancinglah untuk menanyakan hal yang sama dan anda harus mejawabnya. Lakukan secara bergantian. Atau dapat pula dilakukan sehabis dari sekolah. Anda dapat meminta ke anak dengan pertanyaan yang spesifik tentang hal disekolah, misalkan "Siapa yang hari ini pakai kemeja coklat?" atau "Siapa yang berdiri di kelas?" , "Siapa yang menangis paling keras?" dan sebagainya.

Jadi dengan memakai cara main kreatif diatas ketika terjebak macet, akan membuat suasana dalam mobil akan ceria. Coba ya bunda.

Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs