Kenali Type Anak melalui Kecerdasan Emosi

Sikap dan emosi anak harus dipupuk sejak dini. Tetapi setiap anak harus di perhatikan sesuai sifat dan kebiasaannya. Melihat dari Dimensi kecerdasan emosi dan temperamen si kecil, pada umunya dapat di kelompokkan menjadi 5 type anak. Apa sajakah itu ?

1. Anak Agresif
Type anak ini sangat aktif bergerak secara fisik dan sulit dikendalikan. Suka bergaul dan punya rasa ingin tahu yang besar dibanding balita lain. Ia akan melakukan apa yang disukainya dan tidak senang dilarang. Dan sangat bangga kalau berhasil melakukan/mengerjakan sesuatu. Sekali ia menangis, susah untuk menghentikan tangisannya. Bahkan ia punya banyak energi untuk terus menagis. Sebagai orang tua, sebaiknya berikan peraturan yang jelas agar ia mengetahui mana yang boleh dan mana yang tidak boleh.

2. Anak Pendiam
Anak ini dalam proses pertumbuhannya dan waktu bertumbuhnya persis seperti apa kata buku umumnya. Berguling umur 4 bulan, gigi tumbuh usia 7 bulan dan sebvagainya. Dia tidak akan rewel ketika dibawa ke acara sosial seperti pertemuan keluarga, meskipun pada awalnya malu-malu saat bertemu orang asing. Ia akan nyaman berada di lingkungan yang dikenalnya, tetapi jika semuanya sudah diatur dan anda sudah mempersiapkan mentalnya, ia tidak akan mersaa kesulitan beradaptasi.

3. Anak Kreatif
Anak ini semakin anda paksa, semakin keras kepala dirinya. Ini dikarenakan memiliki jiwa yang kuat. Banyak akal dan kadang bersikap bijaksana. Jika anda mengajarinya melakukan sesuatu, ia akan menepis tangan anda karena ia suka melakukan sesuatu sesuai caranya sendiri. Namun ia cenderung sok tahu, sebagai akaibatnya ia sering merasa frustasi dan marah. Keras kepala, pemarah dan menginginkan segala sesuatu sesuai kehendaknya adalah cirinya.

4. Anak sensitif
Type ini lambat beradaptasi dalam situasi baru. Ia lebih menyukai dunia yang dikenalnya. Ketika sedang menikmati sesuatu, ia tidak suka diganggu. Jika asyik bermain boneka dan anda memintanya untuk berhenti, ia akan marah dan menagis. Anak ini sering dikatakan si pemalu. dalam hal bersosialisasi ia kurang pandai dan kadang merasa tertekan diantara temannya. Sebenarnya ia lebih suka melakukan sesuatu sendirian. Oleh karena itu, anda sebaiknya memberi kepercayaan padanya agar ia belajar mandiri.

5. Malaikat Kecil.
Type anak ini dalah idaman banyak orang tua. balita ini mudah diatur, bahkan ketika diajak bepergian ia bisa menyesuaikan diri dengan cepat. Mudah menerima lingkungan baru dan mudah merasa nyaman. ia tidak rewel saat bertemu kerabat atau yang baru dikenalinya.Ketika menginginkan sesuatu yang tidak bisa dimilikinya, anda tidak akan merasa kesulitan untuk mengalihkan perhatiannya sebelum emosinya naik. Hal yang paling menonjol adalah, ia cepat belajar dibandingkan dengan balita lainnya. 

Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs