Mengatasi Kecanduan Video Game Pada Anak

Video game telah menjadi salah satu hiburan favorit bagi remaja saat ini. Disetiap pusat perbelanjaan, jejaring sosial, klub, Anda akan menemukan remaja yang  terjebak dengan layar permainan untuk menikmati kegembiraan & kesenangan dari dunia maya. Seperti hal lain, video game juga memiliki sisi positif dan negatif. Tapi, jika itu menjadi kecanduan dan Anda menemukan bahwa anak remaja Anda tidak dapat hidup tanpa itu, maka Anda harus ikut campur ke dalam masalah ini.

Video game seringkali meningkatkan koordinasi pikiran dan tubuh, contohnya harus berkonsentrasi pada layar dan mengikuti arah permainan untuk mendapatkan poin. Oleh karena itu juga membantu untuk meningkatkan kekuatan konsentrasi. Hal ini juga meningkatkan daya nalar logis dari remaja Anda, dimana ia mungkin menemukan cara efisien dalam memecahkan berbagai masalah video game. Namun, dalam sebagian besar kasus keterampilan ini menjadi terbatas hanya dalam lingkup game. Jika ia dapat menerapkan keterampilan di dunia nyata, maka mungkin ia dapat membawa keluar manfaat terbaik dari video game.

Jadi jika Anda menemukan anak remaja Anda semakin kecanduan dalam bermain video game setiap hari, maka Anda harus menghidupkan alarm Anda untuk mengontrol dia. Bermain video game yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang serius. Jika anak remaja Anda menghabiskan jumlah yang wajar duduk di depan layar monitor yang menyala, itu akan membahayakan mata. Duduk untuk durasi waktu yang lama dapat menyebabkan obesitas dan kelesuan. Hal ini juga dapat mempengaruhi kinerja otak di sekolah atau di rumah tangga. Dia mungkin berhenti berinteraksi dengan teman-teman atau anggota keluarga dan akhirnya dia bisa berubah menjadi seorang manusia yang tidak bersosialisasi.

Anda harus cepat masuk ke situasi sebelum anak Anda mendapatkan kecanduan video game. Libatkan dia dalam lainnya konstruktif kegiatan ekstra-kurikuler seperti berenang, bermain olahraga outdoor, mengambil pelajaran musik dll Kegiatan ini juga akan membantu dia untuk mengembangkan berbagai keterampilan dan  akan menginspirasi anak remaja Anda ke sisi positif dari kehidupan. Setelah dia mendapatkan kesenangan dari kegiatan ini, ia akan keluar dari kecanduan ini dengan sendirinya.

Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs